Pegawai DCKTK Dilatih Buat Anggaran Responsif Gender

 21 Nopember 2013    Jaya. MN    PemerintahanSuasana Diklat Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender di lingkungan DCKTK

TENGGARONG – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota (DCKTK) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pelatihan membuat perencanaan dan penganggaran responsive gender terhadap aparatnya. Pelatihan dua hari tersebut, dilakukan di Hotel Lesong Batu Tenggarong, Rabu (20/11).
Ketua panitia penyelenggara Mahyuddin mengatakan 50 orang peserta yang mengikuti pelatihan ini. “Semuanya adalah pegawai di lingkungan DCKTK Kukar,” ujarnya. Menghadirkan 2 pemateri yaitu Direktur Lembaga Pengkajian dan Sumber Daya Pembangunan (LPSDP) Semarang Jawa Tengah Dr Indra Kertati MSi dan dari Badan KBP3A Provinsi Kaltim. Sementara pemateri Dr Indra Kertati mengakui jika diklat ini merupakan terobosan pihak DCKTK Kukar. Menurutnya hal ini merupakan langkah kongkrit dalam rangka mendukung suksesnya program andalan Bupati Kukar Rita Widyasari, Gerbang Raja. “Kukar sendiri sebenarnya sudah memulai sejak tahun 2011 lalu, dimana waktu itu Pemkab mulai merintis pembangunan yang responsive gender. Ini bahkan direalisasikan dalam misi ke 7 dari program Gerbang Raja. Hal tersebut selaras dengan program pemerintah melalui Inpres No 9/2009 tentang Pengarusutamaan Gender (PuG), dimana ditegaskan pemerintah daerah harus mengembangkan konsep-konsep PuG terintegrasi dalam proses penganggaran. “Ini adalah langkah baik, karena sebagai institusi di Pemkab, maka DCKTK Kukar ikut melaksanakan amanat dari Inpres tersebut,” ungkapnya. Hal ini juga diatur dalam Permendagri No 15/2008 dan Permendagri No 67/2011. “Sehingga kemampuan aparatur nantinya berkontribusi terhadap proses perencanaan anggaran yang responsive gender,” demikian katanya.(hms-DI01)