HMI Gelar Diskusi Terbuka Harkitnas

 23 Mei 2015    Jaya. MN    PemerintahanKetua DPRD Kukar Salehuddin (T Shirt kuning) saat menyampaikan materi diskusi.(joe)

TENGGARONG – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 107 tahun 2015 di kota Raja Tenggarong Kutai Kartanegara tidak ditandai dengan aksi demo. Namun tokoh pemuda dan para aktivis kampus lebih memilih menghadiri diskusi terbuka dimana yang jadi narasumber adalah Ketua DPRD dan Rektor Unikarta.
Diskusi terbuka yang berlangsung hingga malam ini bertema Aktualisi Semangat Kebangkitan Nasional Menuju Ketahanan Pemuda Kutai Kartanegara. Digelar di halaman monumen Pancasila oleh Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Kukar. Menghadirkan pembicara 2 tokoh muda Kukar yakni Ketua DPRD Kukar Salehudin dan Rektor Universtas Kutai Kartanegara Dr Sabran. Diskusi yang berlangsung tertib dan dialogis ini diselingi pembacaan puisi, orasi keprihatinan pemuda terhadap kondisi bangsa dan tayangan layar lebar tentang kronologis sejarah kebangkitan nasional. Ketua DPRD Kukar Salehuddin dengan topiknya Menakar Pentingnya Harkitnas mengatakan Harkitnas memiliki makna multi dimensi dan strategis dalam upaya mempertahankan eksistensi negara dan bangsa Indonesia. Karena Harkitnas menjadi momen mengukur sejauh mana sumbangan kita khususnya pemuda dalam perjalanan bangsa ini mencapai cita cita kemerdekaan. Sementara Rektor Unikarta Tenggarong Dr Sabran yang mengangkat masalah peran pemuda di tengah keterpurukan nasional mengakui jika pemuda masa kini memiliki tanggung jawab historis yang mesti dipertanggung jawabkan dihadapan generasi mendatang. Oleh sebab itu diharapkan Sabran pemuda masa kini harus semakin peka terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena Indonesia berada di dalam dinamika kehidupan global yang setiap saat siap menggerus jati diri bangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45. Diskusi terbuka dihadiri tokoh organisasi lintas pemuda, mahasiswa hingga para pelajar yang tergabung dalam organisasi intra sekolah umum dan pesantren yang ada di Tenggarong.(umar)