Rita Widyasari Optimistis Infrastruktur Penghubung Jembatan Pela Kota Bangun Terealisasi

 05 Juni 2017    Luthfi Husag    Pemerintahan

Rita Widyasari Optimistis Infrastruktur Penghubung Jembatan Pela Kota Bangun Terealisasi


TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mendampingi Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan Kemendagri Elvius Dailami meninjau jembatan Pela yang berada di Kecamatan Kota Bangun, Sabtu (3/6/2017) pagi.

Jembatan pela tersebut sebagai salah satu infrastruktur jalan penghubung antar kecamatan lainnya yang ada di hulu mahakam. Namun sampai saat ini jembatan pela tersebut belum bisa digunakan warga setempat dikarenakan jalan sisi penghubungnya belum terbangun dan tentunya membutuhkan biaya yang besar.

Kedatangan Rita bersama direktur kemendagri melihat kondisi jembatan pela yang direncanakan pembangunannya akan dilanjutkan dengan biaya pinjaman dari pihak PT. Sarana Multi Infrastuktur (SMI). Salah satu syaratnya adalah dikeluarkannya surat rekomendasi dari Kemendagri.

"Keuangan daerah kita saat ini belum cukup untuk membangun jalan penghubung jembatan Pela. Namun saya terus berusaha melanjutkan pembangunannya dengan solusi meminjam dana lewat SMI sebesar Rp380 miliar,” kata Rita.

Menurut Rita adanya kunjungan Dirjen tersebut nantinya akan mengeluarkan rekomendasi layak tidaknya Kukar dapat pinjaman. "Ya mudah-mudahan rekomendasi itu segera keluar sebagai salah satu syarat peminjaman disetujui oleh pihak SMI, sayang jembatannya sudah ada jalan penghubungnya belum ada dan tentunya ini untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Rita.

Ditambahkan Rita, infrastruktur jembatan Pela nantinya akan dibangun seperti Plyover atau pembangunan proyek jalan layang yang jaraknya sekitar 40 Km dan 4,8 Km. "Biayanya memang double, karna ini diatas rawa-rawa dan jalan ini sendiri nantinya menghubungkan Muara Wis, Muara Muntai, Kota Bangun menuju jembatan Martadipura sampai ke Kecamatan Tabang,". Jelas Rita.

Sementara itu Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan Kemendagri Elvius Dailami mengatakan bahwa apa yang sudah dilihat infrastruktur penghubung jembatan yang belum difungsikan harus dilanjutkan. “Saya rasa jembatan penghubung Pela ini segera di bangun dan ini untuk masyarakat banyak sebagai akses transportasi perekonomian masyarakat,” katanya.

Elvius dalam waktu dekat akan segera melaporkan kepada Mendagri terkait kunjungannya ke Kukar yang melihat langsung kondisi jembatan Pela di wilayah hulu mahakam. “Secepatnya saya akan laporkan kepada bapak Mendagri, sehingga apa yang diharapkan Pemkab Kukar dalam menyiapkan infrastruktur yang nyaman bagi masyarakat segera terealisasi,”. Tutupnya. (adv/kominfo) (foto istemwa)