"Untuk mengakses Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Kutai Kartanegara silahkan 'klik' Side Banner/Menu Konten DOKUMEN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH di bagian bawah situs ini atau hub. Bidang Statistik dan Pengendalian Pembangunan BAPPEDA Kab. Kukar (Dr. BAHARI JOKO SUSILO, SPT, MP. HP 081227193213)"

Berita


Desa Melintang Andalkan Ternak Kerbau Kalang

Peternak sedang memberikan makanan bagi kerbau berupa  encek gondok  yang banyak terdapat di sekitar Danau Melintang.(joe) - Peternak sedang memberikan makanan bagi kerbau berupa encek gondok yang banyak terdapat di sekitar Danau Melintang.(joe)

TENGGARONG – Jika Provinsi Kalimantan Timur masih perlu mendatangkan hingga ribuan ekor ternak sapi untuk dikonsumsi. Maka di Kecamatan Muarawis tepat nya di Desa Melintang Kutai Kartanegara sudah hampir seabad lamanya berswasembada ternak khususnya kerbau. Karena usaha ternak kerbau di kawasan ini jumlahnya melebihi penduduk desa setempat.


Desa Melintang Kecamatan Muarawis Kutai Kartanegara berada di tepi Danau Melintang.  Desa ini dalam perspektif pemenuhan kebutuhan protein hewani, bagi warganya tidak perlu dikhawatirkan. Karena selain berlimpah berbagai jenis ikan hasil tangkapan nelayan danau Melintang warganya juga melakukan usaha beternak kerbau yang oleh warga setempat disebut kerbau kalang. Usaha dan pembudidayaan ternak kerbau kalang ini telah dilakukaan sejak 9 generasi lalu atau tepatnya 97 tahun silam. Disebut kerbau kalang karena saat air danau surut mereka di liarkan di hutan sekitar danau. Namun pada musim banjir seperti saat ini kerbau kerbau itu dihalau pemiliknya masuk ke kandang atau kalang. Kalangnya sendiri mampu menampung hingga 600 ekor kerbau. 

Sekretaris Camat Muarawis Arianto mengatakan pembudidayaan kerbau kalang di Desa Melintang ini merupakan pembudidaya ternak kerbau tertua di Kukar usianya sudah mencapai hampir se abad. Dikatakan ratusan kerbau kalang itu dimiliki 38 kepala keluarga. Dari jumlahnya hingga 500 ekor lebih itu maka kerbau di Desa ini melebihi jumlah penduduk Desa Melintang. Sehingga wajar jika Desa Melintang telah beswasembada daging sejak lama.  Menurutnya besarnya potensi kerbau kalang di kawasan desa ini membuat Pemkab Kukar selalu memberikan perhatian diantaranya obat obatan jika ada kerbau yang sakit hingga biaya perluasan kandang atau kalang.  Perluasan kalang ini sangat diharapkan peternak karena dengan jumlah populasi yang kian bertambah membuat kerbau berkelaiaran tidak jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga potensi kehilangan ternak dan penyakit lebih besar.

Kecamatan Muarawis terdiri 7 desa di mana setiap desa memiliki potensi tersendiri. Untuk Desa Melintang oleh Pemkab Kukar di kembangkan menjadi sentra usaha ternak kerbau untuk mendukung program swasembada daging ternak.(umar)