"INGAT PEMILU PRESIDEN, RABU, 09 Juli 2014, GUNAKAN HAK PILIH ANDA DENGAN BAIK DAN BIJAK"

Berita


foto bersama : Bupati Kukar Rita Widyasari saat berfoto bersama dengan Direktur E-Business Azhar Hasyim, Direktur Pemberdayaan Informatika Marian F Barata, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Ir Herry Abdul Aziz, Direktur Keamanan Informasi Bambang Heru Thahjono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar, H Surip. - dewen
foto bersama : Bupati Kukar Rita Widyasari saat berfoto bersama dengan Direktur E-Business Azhar Hasyim, Direktur Pemberdayaan Informatika Marian F Barata, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Ir Herry Abdul Aziz, Direktur Keamanan Informasi Bambang Heru Thahjono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar, H Surip.

Kukar, Laboratorium TIK

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar, H Surip, MSi - dewen Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar, H Surip, MSi

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (11/7) telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Informatika di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Jakarta. MoU ini merupakan langkah awal dalam kerja sama pengembangan aplikasi informatika antara Kemkominfo dan Pemkab Kukar. Demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar, Surip, di sela-sela kegiatan tersebut.


 - dewen

Penandatanganan MoU ini merupakan implementasi pengembangan aplikasi informatika yang telah dilakukan dengan cara mengadopsi produk informasi teknologi (IT) yang dimiliki Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) di bidang e-Government, e-Business, keamanan informasi, PII, dan PI yang dimanfaatkan Pemkab Kukar.

Sehingga, anggaran untuk investasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat digunakan untuk hal lain seperti penguatan regulasi lokal, pengendalian pembangunan, pemerintahan layanan publik, peningkatan kapasitas SDM, kemasyarakatan, industri kecil, dan lain-lain. Selain itu, memberikan dukungan bagi terwujudnya rencana pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di Kutai Kartanegara melalui program/kegiatan aplikasi informatika, mendorong reformasi birokrasi.

—foto2—“Misalnya, melalui upaya penerapan surat edaran nomor 5 tahun 2013 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) tentang penggunaan aplikasi tata naskah dinas elektronik pada instansi pemerintah, surat edaran no 6 tahun 2013 oleh Menpan dan RB tentang penggunaan alamat email resmi pemerintah pada instansi pemerintah,” jelas Surip.

Dengan adanya MoU ini Kukar dapat menjadi partner sekaligus laboratorium TIK bagi Aptika untuk pengembangan TIK di skala nasional. Sekaligus diharapkan bisa dijadikan landasan hukum dan komitmen para pejabat di lingkungan Pemkab Kukar dalam mengembangkan TIK, karena tanpa komitmen dan kemauan besar, pengembangan TIK hanya akan berkisar di cost center tanpa pernah terasa manfaatnya.
“Mudah–mudahan melalui MoU ini semua direktorat di Kemkominfo segera menindaklanjuti sekaligus membangun komunikasi intensif dengan Pemkab Kukar,” harap Surip. Dia juga mengatakan, hingga saat ini Pemkab Kukar melalui Diskominfo Kukar telah membangun 22 BTS Tower dan SST di 18 kecamatan, 2 repeater di Dinas Komunikasi dan Informatika dan di Gedung Putri Karang Melenu, dilengkapi 24 genset sebesar 12 KVA (Kilo Volt Ampere) dan 2 genset untuk back up di 2 titik repeater.

Saat ini jaringan FO (fiber optic) telah terhubung di semua SKPD di kota Tenggarong sepanjang 15 km. Voice over IP di 38 SKPD dan di 18 kecamatan di Kukar. Diskominfo Kukar juga memberikan layanan free hotspot untuk masyarakat di Tenggarong sepanjang 5 km yang ditempatkan di lokasi sepanjang turap sungai Mahakam, kemudian di kecamatan Sangasanga, dan Muara Muntai. Kegiatan ini akan disusul di tiga kecamatan lainnya, Tiap-tiap Kecamatan Kota Bangun, Muara Wis, Marangkayu, dan Muara Jawa.

“Kami pun telah menghubungkan wifi di 42 kelurahan. Saat ini kapasitas bandwidth yang kami sediakan sebesar 100 mbps (mega bite per second). Sedangkan aplikasi yang saat ini telah berjalan antara lain Simda Keuangan, Simda BMD, E-learning, E-Telek, Sistem Pelelangan secara Elektronik (SPSE), Simda Sakib, Simpeg, SIAK Online, Aplikasi Perizinan, Mail Server, dan DNS Server,” ujar Surip. (hmp04/wan/k8)


Sumber : Bagian Humas & Protokol Sekretariat Kab. Kukar