"INGAT PEMILU PRESIDEN, RABU, 09 Juli 2014, GUNAKAN HAK PILIH ANDA DENGAN BAIK DAN BIJAK"

Berita


NULL - Gus Dut
NULL

Kukar Terima Penghargaan Terbaik K3

Kepala Disnaker Kukar Nasir Umar menunjukan penghargaan dari Gubernur kaltim. - Gus Dut Kepala Disnaker Kukar Nasir Umar menunjukan penghargaan dari Gubernur kaltim.

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) menerima penghargaan sebagai pembina terbaik dalam keselamatan dan kesehatan kerja (K3) tingkat Kaltim, penghargaan tersebut diterima Dinas Tenaga kerja (Disnaker) Kukar dikantor Gubernur.


NULL - Gus Dut NULL

Sebelumnya, Pemkab Kukar juga mendapatkan penghargaan serupa tingkat Nasional untuk kategori Pembina Terbaik Program K3 di Jakarta. Penghargaan ditingkat Propinsi ini diserahkan oleh Sekprov Kaltim Syaiful Teteng.

Kepala Disnaker Kukar M Nasir Umar menjelaskan bahwa Pemkab Kukar tahun 2006 bersama Gubernur Sumatera Utara dan Gubernur Jawa Timur juga memperoleh penghargaan tingkat Nasional. penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Herman Suparno di Jakarta.

Keberhasilan Pemkab Kukar menerima penghargaan terbaik K3, terdapat beberapa perangkat hubungan industrial yang dimiliki Kukar, yang pertama adalah panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) yang Sk-nya dikeluarkan oleh Disnaker.

Perangkat kedua adalah melaksanakan sistem Manajeman keselamatan dan Kesehatan kerja (SMK3), kegiatan ini selalu dipantau oleh Disnaker. Untuk saat ini, dari 687 perusahaan yang ada diwilayah Kukar sebanyak 28 perusahaan telah membentuk SMK3.

Katagori penilaian selanjutnya adalah adanya organisasi yang menangani pekerja seperti serikat buruh atau serikat pekerja yang ada di Kukar.

Nasir Umar mengatakan sebanyak 577 perusahaan sudah melakukan jaminan kecelakaan, jaminan kematian  dan jaminan hari tua. Selain itu, ada 4 perusahaan yang sudah memiliki jaminan pemeliharaan kesehatan.

Bahkan ada beberapa perusahaan yang memiliki fasilitas seperti kantin perusahaan dimiliki 27 perusahaan, sarana olahraga dan kesenian dimiliki 33 perusahaan, dan penilaian lainnya,” tambah Nasir. (hmp08)