Kami Sedang Melakukan Ujicoba Website Kutai Kartanegara. Mohon Maaf Jika Masih Terdapat Beragam Kekurangan. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.

Berita


Kesebelasan SMK Geologi Pertambangan (berkostum biru) menang 2-0 atas SMAN 2 Kota Bangun saat pertandingan perdana LPI 2013 di lapangan Pemuda Tenggarong - joe
Kesebelasan SMK Geologi Pertambangan (berkostum biru) menang 2-0 atas SMAN 2 Kota Bangun saat pertandingan perdana LPI 2013 di lapangan Pemuda Tenggarong

Statuta FIFA dan Peraturan PSSI Dasar Pelaksanaan LPI Kukar

Wabup Ghufron Yusuf saat membuka LPI 2013 Tingkat Kabupaten Kukar. - joe Wabup Ghufron Yusuf saat membuka LPI 2013 Tingkat Kabupaten Kukar.

TENGGARONG – Keputusan Bupati No 312/2013 tentang Penetapan Panitia dan Pelaksanaan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) di Kabupaten Kutai Kartanegara selain dilandasi Statuta Fédération Internationale de Football Association (FIFA)  juga Peraturan Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).  Sehingga legalitas pelaksanaannya dapat digelar mulai sejak Sabtu (18/5) hingga beberapa hari ke depan.


Kompetisi Sepakbola LPI tingkat Kabupaten diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (dispora) bersama Dinas Pendidikan, KONI dan PSSI Kukar. Pembukaannya diresmikan Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf SH MM di lapangan Pemuda Tenggarong. Ditandai penyerahan piala bergilir Bupati yang sebelumnya di raih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertambangan dan Geologi Tenggarong 2012 lalu. Dilanjutkan   penyerahan bolakaki dari Wabup kepada Panitia Pelaksana.  Disaksikan Kepala Dispora Kukar Fitriadi SSos MM dan sejumlah pejabat Disdik, Pengurus teras KONI dan PSSI Kukar.

Ketua Pelaksana LPI Junaidi melaporkan, peserta LPI 2013 terdiri mahasiswa hingga siswa SD, SMP dan SMA sederajat serta siswa Sekolah Sepakbola (SSB) usia 12 tahun. Diikuti 23 tim kesebelasan atau sekitar 350 atlit pemula sepakbola dari 10 Kecamatan di Kukar dengan sistem pertandingan setengah kompetisi.  Bertujuan selain memperebutkan Piala Bergilir Bupati dan Piala Wabup Kukar juga sebagai langkah pembinaan atlit sepakbola sejak dini. “Sekaligus mempersiapkan wakil kesebelasan LPI Kukar di ajang Provinsi hingga Nasional,” ujarnya.

Wabup HM Ghufron Yusuf mengatakan anak anak kita tidak kekurangan bakat dan talenta dalam cabang olahraga sepakbola. Ini terbukti saat kesebelasan SSB Kukar berhasil menjuarai turnamen Piala Danone 2013 se Kaltim di Samarinda dan berhak mewakili Kaltim di ajang yang sama tingkat Nasional. “Diberbagai even yang lain anak anak kita juga berhasil menjadi yang terbaik,” katanya. Semua prestasi ini sungguh membanggakan sekaligus menjadi tantangan   untuk terus meningkatkan pola dan sistem pembinaan yang   terencana, sistematis dan berkesinambungan. Diharapkan melalui even ini menghasilkan duta-duta daerah pada jenjang yang lebih tinggi lagi. “Terus bersemangat memacu diri sehingga kejayaan sepakbola di Kukar makin terwujud,” demikian katanya.

Usai pembukaan dilanjutkan pertandingan perdana antara kesebelasan pelajar SMAN 2 Kota Bangun melawan juara tahun 2012 SMK Geologi Pertambangan Tenggarong. Pertandingan pertama ini dimenangkan SMK Geologi dengan skor 2 – 0. (joe)