"Disnakertrans Kukar menyelenggarakan JOB MARKET FAIR/Pameran Bursa Tenaga Kerja dengan Proses Rekruitmen Secara Langsung dan Terbuka pada Tanggal 19-21 Agustus 2014...Ayo Buruan Bagi yang Belum Memiliki Pekerjaan untuk Mendaftarkan Diri Segera...Formulir Pendaftaran Dapat Diambil di Kantor Disnakertrans pada Setiap Hari Kerja...Ket. Lebih Lanjut Hub. Sdr. Urib Tri Widodo, SE (081347695123), Herwin Setiawan, S.Sos (081347433443), Syahri (085388693635) atau ke Sekretariat Kami di Disnakertrans Kukar Jl. A.P. Pranoto Kel. Sukarame Tenggarong, Telp. 0541 661222 dan 661068"

Berita


Bupati Rita Widyasari  menyerahkan cinderemata. - Sumber : Bagian Humas & Protokol Sekretariat Kab. Kukar/dewen
Bupati Rita Widyasari menyerahkan cinderemata.

Tanda Tangani MoU dengan Kemenkominfo

Bupati Rita Widyasari tanda-tangani mou dengan Kemenkominfo - Sumber : Bagian Humas & Protokol Sekretariat Kab. Kukar/dewen Bupati Rita Widyasari tanda-tangani mou dengan Kemenkominfo

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Informatika, dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis (11/7).


Perjanjian kerja sama itu untuk mendukung pemkab menerapkan e-Government (e-Gov) di daerah ini. Penandatanganan perjanjian ini digelar di Ruang Ukir Lantai II, Kantor Kemenkominfo di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Penandatanganan ini dilakukan oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika, Kemenkominfo, Ashwin Sasongko didampingi Direktur e-Government, Firmansyah Lubis.

Kegiatan itu juga disaksikan Direktur E-Business Azhar Hasyim, Direktur Pemberdayaan Informatika Marian F Barata, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Ir Herry Abdul Aziz, Direktur Keamanan Informasi Bambang Heru Thahjono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar, H Surip didampingi beberapa kepala seksi di lingkungan Diskominfo Kukar.

Ashwin Sasongko mengatakan, peranan informasi semakin penting, baik untuk kepentingan individu, bisnis maupun pemerintahan. Dengan adanya teknologi informasi, khususnya internet, dunia seakan tanpa batas. “Tidak ada lagi hambatan ruang dan waktu dalam menjalin interaksi dengan siapapun dan di manapun,” ucapnya.

Penandatanganan MoU ini dilaksanakan terkait dengan berbagai bidang sesuai dengan Instruksi Presiden Tahun 2003. Kemenkominfo selalu berupaya mengembangkan kemajuan teknologi informasi, agar dikembangkan. Itu untuk menjaga, memelihara, dan memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional. Ada tiga proyek besar di Kalimantan yang telah dilaksanakan sejak 2012 lalu dan dipusatkan di Kukar. MoU ini merupakan dasar tiga proyek tersebut.

Ashwin berharap, Kukar bisa melaksanakan tata kelola pemerintahan secara elektronik itu sesuai dengan perintah Presiden. Hubungan harmonis antara masyarakat, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD ) dengan pemerintah terjalin lebih baik lagi. Pihaknya siap membantu penindaklanjutan apakah dalam bentuk proyek pelatihan, penggunaan software, maupun bimbingan teknis secara intensif.

Sementara itu, Bupati Rita mengatakan, pemkab melalui program Gerbang Raja berusaha mengubah secara bertahap dalam menata pemerintahan yang baik (good governance). Sistem ini diterapkan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Pemkab sedang giat-giatnya berbenah menuju era transformasi digital. “Itu menjadi tantangan bagi kami semua,” sebutnya.

Setelah MoU ini ditandatangani, Rita berharap semua instansi di bawah Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dapat turut berperan aktif. Sehingga bisa bersinergi dengan Pemkab Kukar sekaligus dapat membantu mengembangkan semua aplikasi. Menurutnya, Kukar siap menjadi kabupaten percontohan atau pilot project di Indonesia dalam implementasi dan pengembangan semua aplikasi dari Kemenkominfo. Itu sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Gov.

Melalui Gerbang Raja, kata dia, Pemkab Kukar secara bertahap akan melanjutkan pembangunan jaringan internet ke semua sekolah. Termasuk membangun kawasan IT Park di tanjung Tenggarong, pembangunan jaringan komunikasi data hingga ke desa, pengembangan infrastruktur NOC (Network Operating Center), dan pengembangan infrastruktur jaringan ke semua desa. Rita berharap tahun 2014, Kukar diberi kesempatan menerima hibah fasilitas Pusat Komunitas Kreatif dari Kemenkominfo.

Rita merasa bangga memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas momen yang di gagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim dan Kemenkominfo. Mengingat tahun 2011 lalu, Kukar terpilih sebagai kabupaten penerima panji keberhasilan di bidang e-Government di tingkat Kaltim dan Piagam ICT Pura Muda dari Menteri Komunikasi dan Informatika. “Kami berharap prestasi ini sebagai pendorong semangat dalam rangka mengembangkan e-Government di Kukar,” harapnya. (Hmp 04/rom/k8)

Sumber : Bagian Humas & Protokol Sekretariat Kab. Kukar